LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI (LSP) FIKOM UNISBA

Menindaklanjuti kerjasama ASEAN melalui MEA (Masyarakat ekonomi ASEAN),  Indonesia bersiap untuk memiliki kompetensi tenaga kerja dan tenaga profesional yang selaras dengan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat global.  Untuk mempersiapkan SDM Indonesia yang diakui standar kompetensinya di dunia kerja nasional maupun internasional, pemerintah mengeluarkan kebijakan pendirian badan sertifikasi profesi  nasional, dengan  dasar hukum: Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pemerintah menginstruksikan BNSP untuk melakukan percepatan sertifikasi tenaga kerja di Indonesia. Oleh karena itu perlu dibentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), sebagai perpanjangan tangan dari BNSP, agar tercapai target percepatan sertifikasi profesi di semua  bidang profesi/ pekerjaan.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi kompetensi kerja yang mendapatkan lisensi dari BNSP. LSP merupakan kelembagaan sertifikasi kompetensi profesi yang dilisensi oleh otoritas sertifikasi. LSP mempunyai tugas memberikan pelayanan asesmen dan sertifikasi kompetensi profesi. Contohnya profesi bidang Ilmu Komunikasi termasuk salah satu kategori profesi yang harus segera melakukan sertifikasi kompetensi, mengingat banyak tenaga kerja lulusan ilmu komunikasi sudah berkiprah di dunia kerja. Kiprah tenaga kerja profesional komunikasi beragam, baik di industri, pemerintahan, BUMN, maupun perusahaan swasta, termasuk menjadi wirausahawan komunikasi dengan variasi pekerjaan yang sangat kompleks. Antara lain menjadi konsultan komunikasi, menjadi auditor komunikasi, menjadi tenaga ahli lainnya di bidang media dan produksi siaran. Selama ini para profesional komunikasi tersebut belum banyak yang disertifikasi. Sementara tuntutan MEA mengharuskan mereka memiliki sertifikasi kompetensi, agar mampu bersaing dengan tenaga kerja lainnya baik dari dalam maupun dari luar negeri. LSP juga dapat mensertifikasi tenaga profesi bidang lain, seperti: hukum; ekonomi; psikologi; teknik; farmasi, dan lain-lain yang berada di bawah koordinasinya.

Unisba sebagai salah satu universitas terbesar dan ternama di  Indonesia, terpanggil untuk dapat mengembangkan SDM lulusannya agar dapat disertifikasi, termasuk para alumninya yang sudah menjadi tenaga profesional di dunia kerja, agar mampu bersaing dengan SDM nasional maupun internasional terutama yang berkiprah di Indonesia.  Konsep pengembangan SDM berbasis kompetensi bertumpu pada 3 (tiga) pilar pokok, yaitu: pengembangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), pengembangan Pendidikan dan Pelatihan berbasis SKKNI dan dan pengembangan sistem Sertifikasi Kompetensi yang independen dan terpercaya.

LSP Unisba bertanggungjawab terhadap kompetensi lulusan, sehingga lulusan  Unisba kelak memiliki sertifikat kompetensi yang diakui secara nasional dan internasional, demikian pula para alumninya.  Untuk saat ini sebagai tahap awal terdapat 3 (tiga) skema yang akan disertifikasi, yaitu: Skema Sertifikasi Pengelolaan Humas, Skema Sertifikasi Media Jurnalistik Siaran dan Skema Sertifikasi Pengelolaan Komunikasi Program Televisi. Proses sertifikasi akan mulai berjalan tentatif mulai Januari 2016.

 

Dapatkan Sertifikasi Profesi
Bidang Komunikasi

Ikuti Uji Kompetensi
Teori + Praktek


Di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Kampus Unisba
Jl. Tamansari no 24 Bandung

 

MATERI UJI KOMPETENSI
1.    Dasar Fotografi
2.    Dasar-Dasar Jurnalisme
3.    Dasar-Dasar Produksi Audio Jurnalisme Siaran
4.    Menulis Teks/Naskah
5.    Penggunaan Peralatan Studio dan Lapangan untuk Jurnalisme Siaran
6.    Penulisan Naskah Jurnalisme Siaran
7.    Penyiaran Program Jurnalisme
8.    Merancang Evaluasi Program Kehumasan
9.    Melaksanakan Survey Khalayak
10.    Melaksanakan FGD
11.    Melaksanakan Analisis Isi
12.    Membuat Mekanisme Tatalaksana Humas
13.    Mengelola Bidang Pekerjaan Kehumasan
14.    Menaati Standar Moral dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa
15.    Mematuhi Hukum, Peraturan yang Berlaku, dan Etika Penyiaran
16.    Mengatur Anggaran Produksi
17.    Menentukkan Sarana dan Prasarana Produksi
18.    Menentukkan Kerabat Kerja dan Pengisi Acara
19.    Menentukkan Elemen Artistik Produksi
20.    Mengatur Persiapan Produksi
21.    Mengatur Pelaksanaan Produksi

Kontak Person:
1.    Anne Maryani (082116132026/0818619870)
2.    Wulan Trigartanti (08122050411)
3.    Anggina (087722171772)

Email: lsp@unisba.ac.id